GAME DEVELOPMENT PROGRESS (Part.II)

Posted by alen_hehehe | Posted on 00.48

Sekitar tahun 1970an-1980 pembuatan sebuah game dapat dikerjakan seorang diri oleh seorang programmer game. Sang Programmer dapat merangkap perkerjaannya sebagai Artist dan Designer dalam game tersebut. Ini dikarenakan teknologi yang digunakan masih terbatas dan tujuan dari game itu masih relatif simple. Namun dengan berkembangnya teknologi seperti 3D graphics, maka posisi sang programmer sebagai designer harus diambil alih oleh seorang Professional Graphic Artist.

Dibalik kesuksesan sebuah game yang menjadi trend pada masanya tidak lepas dari kerja sama Developer game tersebut. Saat ini untuk membuat game yang sesuai standard pasar setidaknya dibutuhkan Team Dari Developer game yang terdiri dari Game Programmer, Game Designer, Artist(Graphic Artist), Composer(Game Musician). Empat bagian utama inilah yang setidaknya harus ada dalam sebuah Game Developer Team. Di dalam empat bagian ini masih terdapat elemen-elemen lain yang dibutuhkan dalam masing-masing team tersebut.

Game programmer berperan besar dalam sebuah game, tetapi bukan berarti bagian dari developer yang lainnya tidak mempunyai andil yang cukup besar. Team dari Game Programmer ini memiliki tugas yang berbeda-beda untuk membangun sebuah game yang realistic atau imajinatif sesuai dengan Design Game tersebut. Secara garis besar dapat digambarkan tugas Game Programmer adalah untuk mengembangkan software dan tools-tools yang berkaitan dengan pengembangan game. Bagian-bagian dari Game Programmer yaitu sebagai berikut :


  • Game Engine Programmer
  • Physics Engine Programmer
  • Graphics Engine Programmer
  • Artificial Intelligence Programmer
  • Sound Programmer
  • Game Play Programmer
  • Scripter
  • UI Programmer
  • Input Programmer
  • Network Programmer
  • Game Tools Programmer
  • Porting Programmer
  • Technology Programmer
  • Generalist
  • Lead Game Programmer

Reference : http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer

Comments (0)

Posting Komentar